Manfaat Blog

Blog memang bukan hal yang baru lagi mereka yang doyan berseluncur di dunia maya. Setelah sempat populer, kini blog seakan–akan mati suri dan meredup dengan maraknya situs jejaring sosial macam Facebook, Twitter, dan sejenisnya. Pengguna internet lebih memilih menggunakan situs jejaring sosial ini untuk menumpahkan semua unek–uneknya yang timbul dalam keseharian mereka. Dari hal yang paling sepele hingga mengomentari isu nasional, bahkan gosip global. Tentu saja hal ini patut disayangkan, mengingat blog memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan situs jejaring sosial.


Dengan memiliki personal blog, seseorang bisa dengan mudah menjadi penulis. Tulisan yang dibuat bisa mengenai apa saja sesuai bidang dan minat penulis itu sendiri. Seseorang yang memiliki hobi akan tanaman misalnya, dapat menulis artikel–artikel mengenai bercocok tanam. Bahkan, tulisan tersebut dapat menjadi sumber inspirasi bagi orang lain yang memiliki minat yang sama.
Tulisan di blog umumnya lebih mudah dicerna daripada buku atau sumber informasi lain yang biasanya cenderung teoritis. Tulisan di blog lebih pada praktik langsung dan bersumber dari pengalaman pribadi si penulis.

Semakin banyak artikel yang ditulis dalam sebuah blog, wawasan yang dimiliki oleh pemilik blog atau biasanya disebut dengan blogger, akan semakin bertambah. Karena dengan semakin banyak menulis seorang blogger akan semakin terpacu untuk berpikir lebih kreatif dan membagikan hasil pemikiran kreatif tersebut kepada komunitas khususnya, dan juga kepada masyarakat luas melalui artikel–artikel yang ditulisnya.

Tidak hanya itu. Melalui blog juga dapat mempertemukan blogger dengan beragam komunitas yang sekarang sangat jamak ditemui di mana saja. Tidak sekadar bertemu atau kopi darat, dengan komunitas ini, blogger bisa memperluas wawasan, berdiskusi, dan saling memberi masukan kepada blogger lainnya yang memiliki minat yang sama.

Mungkin banyak yang pesimistis untuk memulai menulis artikel di blog karena tidak memiliki keahlian khusus sebagai sumber ide. Sebenarnya hal ini bukanlah masalah. Sekadar menuliskan pengalaman sehari–hari pun juga sangat berarti. Pengunjung blog bisa belajar sesuatu dalam hidup dan dapat mengambil hikmah dengan membaca pengalaman tersebut.

Seperti halnya situs jejaring sosial, membuat sebuah blog sangat mudah dan tentu saja gratis. Banyak penyedia yang menyediakan wadah untuk blogger. Tidak diperlukan pengetahuan khusus untuk membuat sebuah blog. Yang diperlukan adalah sebuah akun email aktif dan mengisi kolom registrasi yang disediakan. Dengan segala kelebihannya tidak ada salahnya untuk memiliki blog. Satu atau dua artikel yang ditulis merupakan sumbangan ide kreatif kita kepada masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Blog"

Posting Komentar